Bagaimana Internet Bekerja Lebih Murah Dibanding Telepon?

Kebutuhan akan informasi merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi manusia. Dulu, masalah muncul ketika kita ingin menyampaikan informasi ke tempat yang jauh, sebab memakan waktu hingga berbulan-bulan. Namun, seiring berkembangnya teknologi, penyampaian informasi menjadi semakin cepat dan praktis. Dengan fasilitas pesan singkat atau SMS, misalnya, kita dapat menyampaikan informasi kepada orang yang berada hingga beratus-ratus kilometer dari kita hanya dalam beberapa detik saja. Fasilitas lain yang juga penting ialah internet. Dengan menggunakan fasilitas internet, kita dapat berhubungan dengan orang-orang dari seluruh dunia tanpa harus pergi kemana-mana. Dimasukkannya pembelajaran internet dalam kurikulum SMP, atau bahkan SD, merupakan bukti pentingnya teknologi internet ini. Selain  itu, mengingat bahwa hampir semua instansi dan perusahaan telah menggunakan fasilitas ini, internet menjadi hal yang wajib dikuasai oleh para pencari kerja.

Komunikasi dengan internet merupakan bentuk telekomunikasi yang paling cepat berkembang saat ini dan paling populer, salah satunya dikarenakan biaya komunikasi yang relatif lebih murah dibanding telepon. Dengan Anda membuka halaman blog saya ini, setidaknya Anda sudah pernah menggunakan fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan melalui internet. Namun, kita yang sudah pernah menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas lewat internet ini mungkin belum tentu mengerti betul bagaimana internet bekerja, setidaknya prinsip pokok kerjanya. 

Untuk itu, Artikel ini mencoba untuk memberikan gambaran tentang teknologi internet yang sangat berkembang pesat pada dewasa ini, dan termasuk di dalamnya membahas mengapa biaya komunikasi dengan internet dapat jauh lebih murah dibanding telepon.


 Pengertian dan Prinsip Kerja Internet

 

Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Internet berguna untuk kita berkomunikasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antara individu dan manusia di seluruh dunia.

Jika dilihat secara mikroskopis, pada dasarnya jaringan internet dibangun dari sekelompok komputer-komputer yang membentuk jaringan komputer kecil, yang biasa disebut dengan Local Area Network (LAN) seperti yang terdapat pada jaringan komputer pada universitas atau kantor. LAN ini jika digabung dengan LAN – LAN lainnya, akan membentuk Metropolitan Area Network (MAN). Kumpulan dari MAN akan membentuk Wide Area Network (WAN), dan kumpulan dari WAN ini akan membentuk rangkaian-rangkaian komputer di seluruh dunia yang disebut Interconnected Network atau internet.

Setiap komputer dan jaringan terhubung – secara langsung maupun tidak langsung – ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone. Jalur-jalur dalam backbone dapat digunakan lebih dari satu komunikasi dalam satu waktu. Untuk itu, data-data yang mengalir  dalam jaringan internet perlu dibedakan antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan alamat unik pada komputer yang dituju data, yang alamat unik ini biasa disebut dengan alamat IP.

Dari karakteristik-karasteristik yang ada pada jaringan internet, jaringan internet ini berbeda dan mempunyai beberapa kelebihan dibanding jaringan telepon yang lebih lama telah muncul sebagai sarana telekomunikasi. Untuk lebih jelasnya, mungkin ada baiknya kita bahas prinsip kerja jaringan telepon terlebih dahulu.

Ketika kita melakukan hubungan dari suatu pesawat telepon ke pesawat yang lain dalam jaringan telepon, kedua pesawat telepon tersebut pada dasarnya dihubungkan dengan langsung dengan kabel/jalur komunikasi membentuk rangkaian antara microphone pada pesawat telepon pembicara dengan speaker pada pesawat telepon lawan bicara dan microphone pada telepon pembicara dengan speaker telepon lawan bicara. Pada saat hubungan tersambung, walaupun kita berbicara ataupun tidak bicara, pesawat telepon lain tidak dapat menghubungi pesawat telepon kita karena pesawat telepon sedang tersambung dengan jalur komunikasi, yang mana jalur komunikasi dalam jaringan telepon tidak dapat digunakan lebih dari satu koneksi pada suatu waktu. Dengan kata lain, pada saat melakukan hubungan telepon kita ‘memonopoli’ suatu jalur komunikasi yang menghubungkan kita dengan pesawat telepon yang dituju, yang orang lain tidak dapat menggunakan jalur komunikasi tersebut ketika kita melakukan hubungan. Karena itulah, telekomunikasi dengan menggunakan telepon, khususnya hubungan jarak jauh akan memakan biaya yang sangat besar karena pengguna telepon harus mengambil alih jalur komunikasi yang panjang hanya untuk digunakan satu komunikasi antara pengguna sendiri dengan lawan bicaranya.

router1

Berbeda dengan jaringan telepon yang setiap pesawatnya terhubung secara langsung dan memonopoli jalur komunikasinya ketika terjadi hubungan komunikasi, setiap komputer dapat saja tidak terhubung secara langsung dalam internet. Ketika kita melakukan hubungan telepon, pesan yang kita ucapkan ke microphone telepon akan serta merta didengar oleh lawan bicara dari speaker pesawan teleponnya. Sedangkan pada jaringan internet, setiap pesan yang mengalir biasanya tidak langsung disampaikan ke komputer tujuan, melainkan harus ‘singgah’ di komputer-komputer yang menghubungkan antara komputer pengirim dengan komputer penerima. Komputer yang ‘disinggahi’ (biasa disebut router atau simpul / node) ini selanjutnya mengecek jalur-jalur ke router lain yang menghubungkan ke komputer penerima, memilih salah satu jalur tersebut dan meneruskan pesan ke router lain yang lebih dekat ke penerima. Maka, setiap jalur komunikasi dalam internet tidak ‘dimonopoli’ oleh sebuah komunikasi saja seperti pada jaringan telepon, namun jalur komunikasi dapat digunakan secara bersama oleh banyak komputer yang melakukan komunikasi melalui jalur tersebut dalam suatu waktu. Dengan demikian, efisiensi dari pemakaian jalur komunikasi dapat ditingkatkan dibanding pada sistem komunikasi telepon, yang membuat biaya komunikasi internet secara teoritis dapat lebih rendah dibanding biaya telepon.

Dengan ber INTERNET kita dapat memperoleh berbagai informasi apa saja dimana saja dan kapan saja [ no limit, anywhere and anytime ]. Anda tinggal ke search engine Dunia seperti Yahoo dan google. Ketik kalimat yang Anda ingin cari maka akan ditampilkan alamat website yang memberikan informasi tersebut.

Sejarah Singkat

Sejarah internet bermula ketika beroperasinya jaringan ARPANET pada tahun 1969. ARPANET merupakan lembaga di bawah departemen pertahanan Amerika Serikat yang melakukan penelitan jaringan telekomunikasi untuk keperluan militer yang dilatarbelakangi oleh perang dingin yang terjadi waktu itu. Sistem telekomunikasi yang ingin dikembangkan adalah yang masih dapat bekerja ketika pusat telekomunikasi jaringan tersebut dihancurkan oleh musuh, tidak seperti jaringan telepon yang dapat lumpuh ketika sentralnya dihancurkan. Namun, seiring perkembangan zaman, jaringan yang dikembangkan untuk keperluan militer ini ternyata mengalami perkembangan pesat ketika digunakan untuk keperluan non-militer. Jaringan ARPANET pertama tersebut hanya menghubungkan empat host komputer dan besar bandwitdh-nya hanya 50kbps.

switching_system

(a) Structure of the telephone system. (b) Baran’s proposed distributed switching system.

(Gambar dinukil dari Computer Networks, Andrew Tanenbaum.)

 

Berikut ini diuraikan timeline perkembangan internet sejak berdirinya sampi dekade 90-an menurut sejarah DUNIA :

–          Tahun 1967 – 1970, Lawrence G. roberts dari machusetts of Technology (MIT) mempre-sentasikan rencana pembangunan ARPANET.

–          Tahun 1968, proposal ARPANET dibuat untuk memulai proyek tersebut.

–          Tahun 1970 , Host ARPANET mulai menggunakan NPC (Network Control Protocol).

–          Tahun 1971-1988 ; Roy Tomlinson dari BNN menciptakan progam E-mail.

–          1975; steve walker membuat mailling list.

–          1979 ; Tom Truscott dan Jim Ellis memperkenalkan USENET.

–          15 maret 1985 ; Syimbolic.com tercatat sebagai domain pertama.

–          1988 ; Internet Relay chat (IRC) diciptakan oleh Jarkko Oikrane

–          1986; National Science Foundation (NSF) Backbone dibentuk.

–          1996 ; Internet World Expo.

–          2003 ; doc type xhtml, W3C, CSS, RSS, ATOM, blogs.

 

di INDONESIA internet berawal dari :

1992 –         Berawal dari BPPT – UI – LAPAN, terbentuk Paguyuban – teknologi packet radio sebagai basis untuk network regional.

1994 –         Indointernet sebagai ISP komersial pertama.

1996 –         paling tidak 20 ISP komersial & 40 ISP menunggu ijin operasi

2004 –         Telah lebih dari 20 ISP, dan koneksinya telah bertambah banyak [ dial up, Lease line, ADSL, Cable, Handphone / GPRS, WI FI dan sebagainya ]

Hingga kini, teknologi internet masih memiliki beberapa kekurangan walaupun telah mengalami banyak perkembangan, sehingga masih perlu untuk dikembangkan lebih lanjut. Salah satu di antara kekurangan tersebut adalah kecepatan koneksi internet yang masih terbatas, karena pada dasarnya jalur-jalur komunikasi dalam internet tidak seperti jaringan telepon yang setiap jalur komunikasi dipakai hanya 1 komunikasi saja pada suatu waktu, melainkan jalur-jalur data utama dalam internet dipakai secara bersama-sama pada saat bersamaan sehingga akan menimbulkan kemacetan atau lambatnya aliran data ketika jaringan dipakai pada saat sibuk.

 

Pemanfaatan Jaringan Internet

 

Jaringan internet memungkinkan kita untuk berkomunikasi dari suatu komputer ke komputer lain. Bentuk komunikasi ini antar komputer dapat bermacam-macam yang dapat dimanfaatkan , antara lain :

1.       Berkomunikasi koresponden surat-menyurat dengan menggunakan e-mail

2.       Memperoleh informasi dengan menerusi World Wide Web(WWW)

3.       Memindah file dengan menerusi File Transfer Protocol (FTP)

4.       Video streaming yaitu dengan fasilitas ini kita dapat nonton file video, radio online dan sebagainya di komputer

5.       Akses dan control komputer jarak jauh (remote login) menerusi Telnet

6.       Berkomunikasi online/langsung seperti sms di handphone hanya di sini bedanya kita dapat bercakap langsung dengan beberapa orang sekaligus dengan menggunakan Internet Relay Chat (IRC)

7.       Kemudian terdapat chating lain yang baru yang memungkinkan kita chatting dengan langsung dapat melihat gambar orang yang sedang chat juga ( technologi video streaming ) yaitu dapat kita gunakan MSN ( yahoo messenger / hotmail messenger )

8.       Kelompok yang menggunakan Newsgroup sebagai wadah pemberitaan

9.       Mengadakan forum elektronik, sebuah forum yang dapat di baca umum dan dapat kita komentari

10.   Untuk perusahaan dapat dipergunakan untuk central transaction controller, seperti ATM, credit card dan sebagainya langsung connect ke server perusahaan tersebut dengan bantuan jalur internet

11.   Dan technology yang terbaru adalah VOIP yaitu dapat bertelepon dengan kemana saja dengan bantuan jalur internet [ sehingga telepon pun menjadi lebih murah ]

12.   Electronic mail atau surat elektronik adalah fasilitas yang paling sering digunakan di Internet. Dengan fasilitas ini seseorang dapat membuat dan mengirimkan pesan tertulis kepada seorang atau sekelompok orang lain yang juga terdaftar di Internet

 

Manfaat Internet

 

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke Internet. Berikut ini hanyalah sebagian dari apa yang tersedia di Internet :

a.       Informasi untuk kehidupan pribadi :

Kesehatan, Rekreasi, Hobby, Pengembangan Pribadi, Rohani, Sosial.

b.       Informasi untuk kehidupan profesional/Pekerja :

Sains, Teknologi, Perdagangan, Saham. Komoditas, Berita Bisnis, Asosiasi Profesi, Asosiasi Bisnis, Berbagai Forum Komunikasi.

Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan Internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat Internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.

7 Balasan ke Bagaimana Internet Bekerja Lebih Murah Dibanding Telepon?

  1. M Shodiq Mustika mengatakan:

    Penjelasannya sangat rinci, seperti naskah buku. Ataukah ini memang merupakan bagian dari buku?

    • fahim007 mengatakan:

      Terima kasih atas komentar ‘buku’ nya, tapi artikel ini bukan bagian dari buku manapun, hanya saja saya mendapatkan informasi ini dari pengalaman, kuliah-kuliah saya di kampus, mengambil gambar dan beberapa informasi lainnya di howstuffworks.com . Tapi kalau mau dipaksa dibilang buku, boleh juga sih. Sebenarnya artikel ini merupakan bagian modul yang saya susun untuk sebuah kegiatan organisasi di kampus..

  2. bocahbancar mengatakan:

    Wah siip siip lah saya bisa ambil manfaat dari sini…

    Salam Bocahbancar…

  3. Abu Salamah Muhammad mengatakan:

    Bismillah,
    him, artikelnya tak cuplik ke web alhannan yow
    satu tok… buat ngisi kekosongan, he

  4. threee mengatakan:

    Izin copas gan di blog ane.. spya ane kaga bingung lagi nyari ni artikel.. :-D

  5. […] artikel ini sya copas dari blog agan fahim, dengan maksud agar kalo mw di baca-baca lagi ga bingung cari nih artikel dimana. Bagi para pembaca […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: