Aplikasi Demo Grafis 3D menggunakan C# dan GDI+

Sebenarnya ini merupakan tugas kuliah saya pada mata Teknik Visualisasi Grafis yang saya ambil beberapa semester lalu. Tugasnya yakni membuat aplikasi yang dapat melakukan teknik transformasi-transformasi titik dalam koordinat tiga dimensi. Namun, dalam melakukan teknik tersebut, aplikasinya tidak boleh memakai library tambahan. Untuk itu, dalam source code ini saya harus mendefinisikan kelas-kelas dan algoritma transformasinya secara manual, seperti mulai dari pendefinisian kelas matrix, operator overloading untuk perkalian matriks, bagaimana melakukan scaling, translasi titik, rotasi dengan sumbu X, Y, Z, ataupun dengan sumbu sembarang (arbitrary axis), dan bagaimana memproyeksikan koordinat 3 dimensi ke koordinat 2 dimensi agar dapat ditampilkan ke layar.

aplikasi_demo_3d

Tapi tentunya tidak semua kode saya buat manual. Saya masih harus menggunakan .NET framework untuk membuat form aplikasinya dan GDI+ untuk membuat tampilan gambar akhirnya.

Silahkan unduh di link ini bagi yang menginginkan source code program ini. Semoga bisa bermanfaat, khususnya bagi yang ingin mempelajari teknik-teknik dasar visualisasi grafis, atau mungkin juga bisa membantu buat tugas kuliah bagi yang mengambil kuliah semacam ini..hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: